Seperti yang
telah kita ketahui sebelumnya, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan
jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu kurang lebih 210 juta, dengan total
wilayahnya sebesar 5,2 kilometer persegi dan sekitar 1,9 juta kilometer persegi
berupa daratan, sedangkan sisanya adalah lautan. Hal tersebut membuat jasa
angkutan udara menjadi sangat diperlukan dan berpotensi untuk terus
dikembangkan.
Pada saat
ini banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa Penerbangan, salah
satunya yaitu kita sebut saja PT X. PT X ini sudah sangat terkenal sekali dan
bahkan sudah tidak asing lagi namanya di kalangan masyarakat. PT X merupakan
salah satu operator penerbangan yang telah cukup berpengalaman dan lama dalam
menyediakan jasa transportasi udara di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan
berbagai macam peristiwa dan kejadian yang menuntut keahlian dan pengalaman
berbagai macam unit kerjanya untuk menanggulanginya.
Peristiwa
itu bisa berupa incident atau accident yang setiap saat bisa terjadi dan
tentunya akan menciptakan situasi krisis yang cukup kompleks. Situasi itu jika
tidak ditangani secara terencana dan baik tentunya akan menghambat kinerja
perusahaan.
Sebagai
maskapai nasional yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan, PT X telah
memiliki standar baku dalam menghadapi situasi krisis. PT X telah memiliki tim
Emergency Response Plan yang terlatih dalam menghadapi situasi krisis. Tidak
semua perusahaan, khususnya maskapai penerbangan di Indonesia memiliki
kepedulian tinggi terhadap situasi krisis seperti PT X. PT X memiliki Sense Of
Crisis yang bagus.
Dalam peningkatan mutu pelayanan, PT X telah menggunakan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti penggunaan E-Payment. E-Payment adalah pembayaran elektronik
melalui sms, atau online service seperti internet atau online banking. Trend
yang saat ini berkembang di masyarakat adalah kemudahan dan kenyamanan dalam
melakukan pembayaran. PT X melakukan terobosan dengan menambah fitur baru
E-Payment. Dengan diluncurkannya E-Payment ini oleh PT X diharapkan dapat memberikan
nilai tambah bagi seluruh konsumen dalam rangka mengembangkan bisnis
jaringannya, baik melaui online ataupun offline. Sehingga para penikmat layanan
jasa tersebut tidak perlu datang langsung untuk melakukan pembayaran jika ingin
memesan kursi penerbangan di PT X.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar