Selasa, 19 Oktober 2010

Tugas ke 2 (SoftSkill)

Analisa Situasi Pasar (Jasa Angkutan Udara / Penerbangan)

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu kurang lebih 210 juta, dengan total wilayahnya sebesar 5,2 kilometer persegi dan sekitar 1,9 juta kilometer persegi berupa daratan, sedangkan sisanya adalah lautan. Hal tersebut membuat jasa angkutan udara menjadi sangat diperlukan dan berpotensi untuk terus dikembangkan.
Pada saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa Penerbangan, salah satunya yaitu kita sebut saja PT X. PT X ini sudah sangat terkenal sekali dan bahkan sudah tidak asing lagi namanya di kalangan masyarakat. PT X merupakan salah satu operator penerbangan yang telah cukup berpengalaman dan lama dalam menyediakan jasa transportasi udara di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam peristiwa dan kejadian yang menuntut keahlian dan pengalaman berbagai macam unit kerjanya untuk menanggulanginya.
Peristiwa itu bisa berupa incident atau accident yang setiap saat bisa terjadi dan tentunya akan menciptakan situasi krisis yang cukup kompleks. Situasi itu jika tidak ditangani secara terencana dan baik tentunya akan menghambat kinerja perusahaan.
Sebagai maskapai nasional yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan, PT X telah memiliki standar baku dalam menghadapi situasi krisis. PT X telah memiliki tim Emergency Response Plan yang terlatih dalam menghadapi situasi krisis. Tidak semua perusahaan, khususnya maskapai penerbangan di Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap situasi krisis seperti PT X. PT X memiliki Sense Of Crisis yang bagus.
Dalam peningkatan mutu pelayanan, PT X telah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti penggunaan E-Payment. E-Payment adalah pembayaran elektronik melalui sms, atau online service seperti internet atau online banking. Trend yang saat ini berkembang di masyarakat adalah kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran. PT X melakukan terobosan dengan menambah fitur baru E-Payment. Dengan diluncurkannya E-Payment ini oleh PT X diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh konsumen dalam rangka mengembangkan bisnis jaringannya, baik melaui online ataupun offline. Sehingga para penikmat layanan jasa tersebut tidak perlu datang langsung untuk melakukan pembayaran jika ingin memesan kursi penerbangan di PT X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar