1. Perkembangan Bisnis Informatika Di Indonesia
Perkembangan bisnis informatika
di Indonesia akhir – akhir ini mengalami
peningkatan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dalam bidang
teknologi informasi sangatlah besar dari
tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang
mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk kedepannya. Hal ini tentu saja
harus didukung pula oleh sumber daya yang berkualitas tinggi, melihat kualitas
teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik dan maju setiap
waktu.
Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita
sekarang ini sudah sangat maju dan berkembang begitu cepat nya bagikan roket. Sekarang
ini banyak sekali kita lihat bisnis informatika salah satu nya yaitu usaha
WARNET (Warung Internet), hal ini disebabkan karena pada zaman sekarang ini
orang-orang sangat membutuhkan banyak informasi yang cepat dan akurat setiap
hari nya.
Usaha - usaha yang harus kita lakukan untuk menghadapi
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia yaitu :
-
Rasa
ingin tahu yang tinggi
-
Memperkaya
Pengetahuan
-
Memperbanyak
Pengalaman
-
Memperluas
Relasi
Apabila usaha tersebut telah kita lakukan dengan baik,
maka kita dapat lebih siap dalam
menghadapi persaingan bisnis informatika di Indonesia .
2. Jenis dan Tipe Bisnis di
Bidang TIK.
Pada
zaman era globalisasi seperti sekarang ini,Teknologi Informasi dan Komunikasi
sudah berkembang sangat pesat dan banyak
sekali jenis dan tipe bisnis dalam bidang TIK yang sering kita dengar seperti E-Commerce,Software
House,Konsultan IT dll.
Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai E-COMMERCE. Apa itu
e-commerce?? Electronic Commerce atau biasa disingkat
E-Commerce merupakan suatu jenis usaha atau bisnis yang dilakukan dengan
memanfaatkan media internet.
- Dari perspektif komunikasi, E-Commerce
merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini
telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce
merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja
perusahaan.
- Dari perspektif layanan, E-Commerce
merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen
dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, E-Commerce
kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Semakin meningkatnya pengguna internet di berbagai negara membuat
peluang E-commerce untuk berkembang semakin besar.
Adanya keuntungan yang sangat besar dari
E-Commerce membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan E-commerce ini. E-Commerce
memiliki keuntungan antara lain:
- Mampu memperluas jangkauan pemasaran
suatu produk
- Menghemat biaya khususnya yang
berhubungan dengan percetakan, transportasi informasi lain, komunikasi dan
lain-lain.
- Mampu beroperasi selama 24 jam sehari
karena e-commerce menggunakan akses internet yang selalu on-line 24 jam.
- Tidak dikenakan pajak (untuk negara
tertentu)
Namun ditengah pesatnya pertumbuh E-commerce
bukan berarti tanpa kendala, hambatan ini antara lain:
- Masih kurangnya tingkat keamanan yang ada
sehingga mempengaruhi tingkat kepercayaan baik pihak penjual maupun pembeli.
- SDM yang berkualitas dalam bidang ini
masih sedikit.
- Budaya tiap negara yang bebeda-beda
sehingga kadang mempersulit perkembangan E-Commerce
- Otentikasi user dan
belum tersedianya public key infrastructure
- Permasalahan hukum/legalitas.
Walaupun masih terdapat hambatan-hambatan
seperti di atas, E-Commerce masih memiliki peluang yang besar di Indonesia.
Manfaatnya yang besar sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis dan
menghadapi persaingan yang sangat ketat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar