Senin, 04 Oktober 2010

Tugas ke 1 (SoftSkill)


1. Perkembangan Bisnis Informatika Di Indonesia 

Perkembangan bisnis informatika di Indonesia akhir – akhir  ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dalam bidang teknologi informasi  sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk kedepannya. Hal ini tentu saja harus didukung pula oleh sumber daya yang berkualitas tinggi, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik dan maju setiap waktu.
            Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sekarang ini sudah sangat maju dan berkembang begitu cepat nya bagikan roket. Sekarang ini banyak sekali kita lihat bisnis informatika salah satu nya yaitu usaha WARNET (Warung Internet), hal ini disebabkan karena pada zaman sekarang ini orang-orang sangat membutuhkan banyak informasi yang cepat dan akurat setiap hari nya.
            Usaha - usaha yang harus kita lakukan untuk menghadapi Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia yaitu :
-          Rasa ingin tahu yang tinggi
-          Memperkaya Pengetahuan
-          Memperbanyak Pengalaman
-          Memperluas Relasi
            Apabila usaha tersebut telah kita lakukan dengan baik, maka  kita dapat lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis informatika di Indonesia .


  2. Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang TIK.

Pada zaman era globalisasi seperti sekarang ini,Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah berkembang sangat pesat dan  banyak sekali jenis dan tipe bisnis dalam bidang TIK yang sering kita dengar seperti E-Commerce,Software House,Konsultan IT dll.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai E-COMMERCE. Apa itu e-commerce?? Electronic Commerce atau biasa disingkat E-Commerce merupakan suatu jenis usaha atau bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan media internet.
- Dari perspektif komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
- Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, E-Commerce kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.

Semakin meningkatnya pengguna internet di berbagai negara membuat peluang E-commerce untuk berkembang semakin besar.
Adanya keuntungan yang sangat besar dari E-Commerce membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan E-commerce ini. E-Commerce memiliki keuntungan antara lain:
- Mampu memperluas jangkauan pemasaran suatu produk
- Menghemat biaya khususnya yang berhubungan dengan percetakan, transportasi informasi lain, komunikasi dan lain-lain.
- Mampu beroperasi selama 24 jam sehari karena e-commerce menggunakan akses internet yang selalu on-line 24 jam.
- Tidak dikenakan pajak (untuk negara tertentu)
Namun ditengah pesatnya pertumbuh E-commerce bukan berarti tanpa kendala, hambatan ini antara lain:
- Masih kurangnya tingkat keamanan yang ada sehingga mempengaruhi tingkat kepercayaan baik pihak penjual maupun pembeli.
- SDM yang berkualitas dalam bidang ini masih sedikit.
- Budaya tiap negara yang bebeda-beda sehingga kadang mempersulit perkembangan E-Commerce
- Otentikasi user dan belum tersedianya public key infrastructure
- Permasalahan hukum/legalitas.
Walaupun masih terdapat hambatan-hambatan seperti di atas, E-Commerce masih memiliki peluang yang besar di Indonesia. Manfaatnya yang besar sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis dan menghadapi persaingan yang sangat ketat ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar